Logo Olimpiade London 2012: Di Tengah Derasnya Kritikan

Logo Olimpiade London 2012: Di Tengah Derasnya Kritikan - Tampaknya sejarah selalu berulang. Sesuatu yang baru, inovatif, dan mendobrak kebiasaan umum yang konvensional pasti akan memicu kontroversi, perdebatan sengit, mendapatkan reaksi dan kritikan pedas. Itulah yang terjadi pada logo Olimpiade London 2012.

Sejak kemunculannya yang pertama kali pada 4 Juni 2007, logo Olimpiade London 2012 sudah mendapatkan banyak kritikan dari berbagai kalangan. Oleh beberapa pihak, ia dianggap tidak merepresentasikan semangat olimpiade dan London sebagai tuan rumah Olimpiade 2012.

Dari segi desain, logo Olimpiade London 2012 dianggap terlalu kekanakan, susah dibaca, penggunaan font yang tidak elegan, warna yang kurang tepat, dan komentar bernada negatif yang cenderung ofensif lainnya. Terlepas dari perdebatan yang menyelimuti, logo Olimpiade London 2012 juga akan digunakan untuk Paralimpiade di negara yang sama. Hal itu adalah yang pertama kalinya dalam sejarah logo Olimpiade.

Desain: Wolff Olins

Wolf Ollins adalah perusahaan konsultan branding dibalik logo kontroversial yang dilaporkan menghabiskan £400,000 tersebut. Penggunaan gambar ikonik seperti landmark yang merupakan ciri kota sengaja dihilangkan. Logo Olimpiade London 2012 diciptakan secara inklusif dengan tujuan agar mampu menarik semua orang, terutama generasi yang lebih muda, tidak hanya masyarakat London dan Inggris pada khususnya namun juga bagi seluruh penduduk dunia.

Pink, orange, hijau, dan biru adalah warna utama yang digunakan untuk menciptakan kesan energik, dinamis, muda. Warna-warna tersebut merefleksikan keanekaragaman kota London yang modern.

Logo yang berupa angka ‘2012’ dengan huruf tulisan tangan seperti seni grafiti, 2012bold, digunakan untuk menciptakan kesan kontemporer dan menyegarkan. Di dalam karakter terdapat kata ‘london’ dengan huruf kecil semua (lower case) dan simbol cincin olimpiade.

Logo tersebut dapat diaplikasikan dalam beberapa cara seperti penggunaan warna solid atau outline dan gambar pada logo, Jika melihat bentuknya yang tegas, kaku, dan tidak teratur, logo Olimpiade London 2012 sangat mudah dikenali dan diingat. Selain itu, logo didesain agar dapat dengan mudah bersanding dengan official partner pertandingan.

Bagaimana penerapan logo Olimpiade London 2012 di arena yang sesungguhnya pada tahun 2012 nanti? Bagaimana reaksi orang? Menarik untuk kita tunggu. (bitebrands)
Loading...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.