Tagline: Susunan Kalimat yang Singkat Namun Penuh Makna

Tagline: Susunan Kalimat yang Singkat Namun Penuh Makna -  Lebih dikenal dengan slogan, tagline merupakan salah satu cara mengasosiasikan atau menghubungkan merek dengan pelanggan dan konsumen potensial. Ia sering digunakan secara bersamaan mendampingi logo.

Apa itu tagline? Tagline berupa susunan kata atau frase yang digunakan untuk merangkum atau mengekspresikan tujuan dan semangat merek. Kehadiran tagline bukanlah sesuatu yang mutlak. Namun ia mempunyai peran unik dan manfaat khusus dalam mendukung komunikasi merek.


Loading...



Secara spesifik, tagline digunakan untuk menambah energi aktif pada logo, memberikan dorongan motivasi pada khalayak, mengonsolidasikan filosofi perusahaan atau merek, dan memberikan detail singkat tentang apa yang ditawarkan dan dijanjikan merek (brand promise).

Berbeda dengan byline, tagline mampu mendeskripsikan atau mendramatisasi manfaat-manfaat fungsional dan emosional. Tagline memberitahu khalayak bagaimana mereka merasakan terhadap merek tersebut, mencerminkan kepribadian merek, memberi kejelasan merek, menciptakan makna pada merek, membedakan merek dengan kompetitor, dan bersifat visioner.

Contoh-Contoh Tagline


pengertian arti definisi tagline slogan semboyan merek perusahaan branding identity marketing jenis macam unik mudah diingat bagus makna filosofi simbol bentuk logo

Tagline bisa digunakan baik pada identitas merek atau perusahaan. Kita ambil contoh Indofood yang menggunakan tagline “Lambang Makanan Bermutu”. Indofood merupakan produsen dari banyak produk makanan yang sangat dikenal masyarakat. Indomie, Sarimi, Pop Mie, Chiki, Chitato, La Fonte adalah beberapa contohnya.


Loading...



Cerminan atribut dan janji perusahaan. Demikianlah tagline. Seperti halnya yang kita lihat dari tagline Indofood yang mengaitkan antara perusahaan sebagai produsen makanan dan kebutuhan khalayak akan makanan yang berkualitas dan bergizi tinggi. Manfaat emosional terkandung dalam kata “Lambang”, sedangkan manfaat fungsional terangkum dalam kata “Makanan Bermutu”.

pengertian arti definisi tagline slogan semboyan merek perusahaan branding identity marketing jenis macam unik mudah diingat bagus makna filosofi simbol bentuk logo

Singkat dan mudah diingat adalah sifat khusus tagline yang baik. Cosmos sebagai merek penyimpan beras membawa tagline “Ingat Beras Ingat Cosmos”yang pernah populer di awal tahun 80-an. Tagline tersebut merupakan strategi yang jitu, mengingat pada waktu itu, sarana penyimpan beras belum dikenal orang.

Sempat mengalami perubahan tagline menjadi “Ingat Cosmos!”, kini tagline-nya adalah “Idenya Cosmos!”. Tagline “Idenya Cosmos!” mendeskripsikan bahwa Cosmos selalu berupaya menghadirkan inovasi-inovasi terbaru dan mutakhir yang dapat dinikmati manfaatnya oleh konsumen.

pengertian arti definisi tagline slogan semboyan merek perusahaan branding identity marketing jenis macam unik mudah diingat bagus makna filosofi simbol bentuk logo

Tagline dapat pula dimanfaatkan untuk memperkenalkan positioning baru. Telkom Indonesia dengan tagline “The World is In Your Hand”, menggantikan tagline “Commited 2U”, berusaha memposisikan kembali citra dan budaya baru perusahaan serta menandakan adanya transformasi yang fundamental dan menyeluruh. Kehadiran tagline tersebut memberi kejelasan terhadap logo baru yang mengambil simbol tangan dan bola dunia.

Tagline yang baik tidak hanya kalimat yang tersusun dengan indah. Janji merek yang terkandung dalam tagline untuk memberikan produk dan pelayanan yang baik sudah selayaknya diwujudkan dalam tindakan untuk menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan.
Loading...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.