Iklan-iklan Bertema SEA Games 2011

Iklan-iklan Bertema SEA Games 2011 - Kehadiran iklan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita. Memberi informasi dan mengajak khalayak adalah fungsi utama iklan. Siapapun dapat beriklan. Bisa individu, organisasi nonkomersial seperti lembaga pemerintah atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan organisasi komersial seperti merek.

Iklan bersifat komersial. Misalnya, informasi tentang sebuah produk atau jasa. Tidak sebatas itu, iklan juga berfungsi mengajak khalayak agar mengonsumsi alias membeli produk yang ditawarkan.

Ada kalanya, iklan bersifat nonkomersial. Ini sering dikaitkan dengan Iklan Layanan Masyarakat (ILM) atau Public Service Advertising (PSA). Tema-tema yang diangkat ILM adalah peristiwa aktual atau isu-isu penting yang perlu diinformasikan kepada masyarakat luas. Selain itu, ada iklan propaganda. Tujuan iklan propaganda adalah mempengaruhi khalayak dan menciptakan respon emosional.

Menyadari arti pentingnya iklan dengan tema aktual, beberapa merek membuat iklan bertemakan SEA Games 2011. Karena SEA Games 2011 merupakan sebuah event internasional, tentunya ini sebuah momen yang tepat bagi merek untuk meraih simpati publik.

Gambar: Media Indonesia (16/11/2011)

Dikenal sebagai Pesta Olahraga Negara-negara se-Asia Tenggara, SEA Games 2011 diselenggarakan di negeri tercinta Indonesia. Palembang dan Jakarta adalah dua kota penyelenggara SEA Games kali ini. Sebanyak 542 medali emas diperebutkan oleh peserta dari 44 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Logo SEA Games 2011 melambangkan burung garuda yang merupakan simbol negara Indonesia. Sebagai tuan rumah SEA Games 2011, Indonesia tentunya mendapat dukungan penuh dari seluruh rakyatnya. Target juara umum pun seolah menjadi harga mati.

Gambar: Media Indonesia (14/11/2011)

Demi menggugah kesadaran publik (public awareness) akan event dua tahunan tersebut, iklan yang bertemakan SEA Games pun beredar di media massa. Iklan-iklan itu disampaikan oleh organisasi komersial atau nonkomersial.

Iklan-iklan bertemakan SEA Games tersebut mempunyai muatan sosial dan mempengaruhi orang banyak. Sebuah permasalahan yang menyangkut kepentingan masyarakat luas. Dalam hal ini, kepentingan masyarakat Indonesia.

Gambar: Media Indonesia (13/11/2011)

Iklan dengan pesan dukungan pada atlet-atlet nasional Indonesia tentunya membangkitkan semangat emosional rakyat Indonesia. Yaitu: nasionalisme dan patriotisme. Dukungan yang muncul karena adanya ikatan kebangsaan yang kuat untuk membela bangsa dan negara.

Bagi pengiklan, tema SEA Games dalam iklan merupakan upaya untuk mendapat respon positif, memperluas segmen pasar, dan menarik simpati masyarakat. Sedangkan bagi khalayak, SEA Games adalah sebuah momen ketika masyarakat Indonesia merasa satu bangsa dan setanah air, apalagi ketika atlet-atlet nasional mampu menunjukkan prestasinya. (bitebrands)
Loading...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.