Pengertian dan Bentuk-bentuk Komunikasi Pemasaran

Pengertian dan Bentuk-bentuk Komunikasi Pemasaran - Dalam dunia pemasaran, komunikasi yang efektif dan efisien menjadi aspek penting ketika perusahaan hendak menyampaikan pesan merek kepada khalayak sasaran mereka dan mencapai kesuksesan, apalagi ketika teknologi komunikasi semakin berkembang cepat.

Dalam keseharian, kita dapat melihat perusahaan menggunakan berbagai bentuk atau media komunikasi pemasaran seperti papan iklan, spanduk, iklan televisi, tenaga penjualan, dan lainnya. Bauran pemasaran (marketing mix) meliputi elemen-elemen seperti product, price, place, promotion yang termasuk juga komponen promosi. Tujuan yang dikehendaki dari kegiatan-kegiatan komunikasi pemasaran yaitu: perubahan pengetahuan, perubahan sikap, dan perubahan tindakan.


Loading...



Sebelum menjelaskan definisi komunikasi pemasaran, perlu kita pahami dua unsur pokoknya. Komunikasi adalah proses penyampaian pesan yang merupakan gagasan atau informasi yang disampaikan oleh pengirim pesan kepada penerima pesan.

Pemasaran adalah proses pemenuhan kebutuhan dan keinginan melalui suatu pertukaran antara penjual dengan pelanggan. Dari kedua unsur pokok tersebut, komunikasi pemasaran yaitu kegiatan pemasaran yang memadukan teknik-teknik komunikasi agar terjadi proses pembelian dan loyalitas pelanggan terjaga.

Gambar: DailyBillboard.com

Pengertian dan Definisi Komunikasi Pemasaran Terpadu


Dalam mengembangkan strategi komunikasi pemasaran, perusahaan harus mampu mengenali dan menyeimbangkan kelemahan dan kelebihan berbagai media untuk menghasilkan program komunikasi yang efektif. Hal tersebut dikenal dengan istilah komunikasi pemasaran terpadu (integrated marketing communication).

Menurut Don Schultz, definisi IMC yaitu:

Komunikasi pemasaran terpadu adalah proses bisnis strategis yang digunakan untuk merencanakan, mengembangkan, mengeksekusi, dan mengevaluasi program komunikasi merek yang terkoordinasi, dapat diukur, persuasif secara berkelanjutan dengan konsumen, pelanggan, prospek, karyawan, asosiasi, dan audiens internal dan eksternal yang relevan lainnya. Tujuannya adalah untuk menghasilkan baik keuntungan finansial jangka pendek dan nilai merek dan shareholder jangka panjang.


Loading...



Bentuk-bentuk Komunikasi Pemasaran


Bentuk-bentuk komunikasi pemasaran (marketing communication mix) yaitu:

Periklanan (advertising)

Proses penyampaian pesan-pesan merek secara persuasif kepada khalayak luas dengan menggunakan media komunikasi massa atau above the line seperti televisi, radio, surat kabar, dan lainnya serta below the line.

Penjualan perorangan (personal selling)

Wiraniaga/tenaga penjual melakukakn persuasi, memberikan informasi produk, mengedukasi calon pembeli agar tertarik dan membeli produk yang ditawarkan. Promosi penjualan (sales promotion), kegiatan pemasaran yang bertujuan menjual produk dan mengupayakan terjadinya pembelian yang cepat.

Pemasaran interaktif (interactive/internet marketing)

Penggunaan teknologi informasi yang memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antara perusahaan dengan pelanggan maupun calon pembeli.

Hubungan kemasyarakatan (public relations)

Membangun hubungan baik dengan publik perusahaan dengan membangun citra perusahaan yang baik, mendapatkan publisitas yang mendukung, dan mengendalikan atau mengatasi rumor yang tidak diharapkan.

Pemasaran langsung (direct marketing)

Komunikasi secara langsung kepada khalayak sasaran untuk mendapatkan respon segera.

Dalam perkembangan komunikasi pemasaran, terjadi beberapa perubahan lingkungan komunikasi. Pertama, ketika pasar telah terpecah, maka pemasar mulai membidik pasar yang lebih sempit atau tersegmentasi. Kedua, perkembangan teknologi informasi mempercepat proses pemasaran tersegmentasi.

Berbeda dengan masa lalu, kini dunia pemasaran modern mengintegrasikan berbagai macam media komunikasi untuk menyampaikan pesan-pesan merek dan menunjang suksesnya tujuan pemasaran. Hal itu ditandai dengan makin banyaknya aktivitas promosi penjualan, pemasaran langsung, dan public relations yang menantang peran dominan periklanan.
Loading...

1 komentar

BiteBrands mengatakan...

pengertian komunikasi pemasaran

Diberdayakan oleh Blogger.