Peran Daya Tarik dalam Periklanan

Peran Daya Tarik dalam Periklanan - Setiap harinya, kita diserbu oleh jutaan informasi setiap menitnya. Pesan itu bisa datang dari mana saja, media massa pada umumnya menjadi rujukan utama informasi. Salah satu bentuk pesan itu adalah iklan dengan bentuk yang bervariasi mulai dari iklan cetak, iklan televisi, iklan luar ruang hingga iklan internet.

Kesuksesan program-program periklanan ditunjang dengan adanya keterbukaan dan makin berkembangnya teknologi informasi. Dengan mudahnya, pemasar dapat menyebarluaskan pesan-pesan merek melalui berbagai media. Selain teknologi informasi dan penggunaan media, ada faktor lain yang menunjang tercapainya pesan-pesan merek kepada audiens.


Loading...



Pesan iklan harus direncanakan secara matang dengan memperhatikan pesan iklan termasuk di dalamnya konsep, ide atau gagasan hingga eksekusi iklan. Untuk membuat pesan iklan yang menarik audiens maka diperlukan pendekatan, yaitu penggunaan daya tarik dalam iklan. Beberapa daya tarik yang sering digunakan dalam periklanan yaitu:

Macam-macam Daya Tarik Periklanan


Daya Tarik Pendukung


Para pendukung dalam periklanan yaitu tokoh-tokoh umum (public figure) yang populer di masyarakat. Tokoh populer yang paling digemari oleh masyarakat tentunya selebriti. Selain itu, tokoh pendukung iklan adalah orang-orang biasa.

Selebriti adalah mereka yang berprofesi sebagai penyanyi, musisi, komedian, pemain film, atlit olahraga, dan lainnya. Pada umumnya, selebriti sering muncul di media massa sehingga membuat masyarakat menjadi akrab dengan eksistensi mereka. Kepopuleran selebriti tentunya sangat menarik, mereka disukai dan dihormati oleh banyak orang.

Oleh pengiklan, selebriti dimanfaatkan untuk mengiklankan produk-produk yang diharapakan akan mempengaruhi pola pikir, sikap, dan perilaku konsumen. Kecocokan antara selebriti dengan merek menjadi pertimbangan penting agar iklan dapat berjalan efektif.

Iklan Wardah Cosmetics (versi Dewi Sandra)




Dewi Sandra Killick adalah selebriti yang cukup lama eksis di dunia musik. Pada iklan kali ini, ia menjadi salah satu brand endorser Wardah. Dewi Sandra Killick, seorang musisi muslim yang memakai jilbab merupakan daya tarik tersendiri dan dianggap mewakili merek Wardah yang memposisikan sebagai kosmetik yang halal.

Selain selebriti, orang-orang biasa yang nonselebriti juga digunakan dalam iklan untuk mendukung produk. Misalnya, iklan yang menampilkan keluarga atau orang dengan profesi tertentu. Bagi para pengiklan, penggunaan orang biasa tentunya lebih menghemat biaya produksi iklan dibandingkan jika menggunakan selebriti.

Daya Tarik Humor


Dalam iklan, humor sering digunakan untuk mencapai berbagai tujuan komunikasi: untuk memperoleh perhatian audiens, menyampaikan pesan merek, mempengaruhi sikap dan perilaku pembelian konsumen, dan lainnya.

pengertian definisi arti menurut ahli daya tarik merek periklanan advertising media iklan marketing communication marcomm branding agency creative contoh studi kasus bahan materi skripsi karya ilmiah mahasiswa makalah jenis macam
Biro Iklan: JWT, Dubai, UAE
Perhatikan iklan di atas, ilustrasi yang menggambarkan seekor sapi di atas seutas benang hampir terjatuh merupakan daya tarik yang memiliki unsur humor. Maksud dari ilustrasi tersebut yaitu: Reach mampu menghilangkan plak gigi dengan sempurna.

Humor merupakan metode yang efektif untuk menarik perhatian audiens, mampu membuat audiens merasa senang dan menumbuhkan kesukaan pada merek yang diiklankan. Humor lebih efektif digunakan pada merek yang sudah mapan dibandingkan pada merek yang masih baru.

Penggunaan humor lebih cocok digunakan untuk produk-produk yang berorientasi perasaan atau pengalaman. Humor pada iklan tentunya lebih efektif bagi konsumen yang mempunyai pengalaman positif menggunakan produk.


Loading...



Daya Tarik Rasa Takut


Rasa takut dipakai dalam iklan untuk memotivasi khalayak, melibatkan mereka dengan pesan sehingga mendorong diterimanya pesan. Daya tarik rasa takut dapat berbentuk celaan sosial atau bahaya fisik. Misalnya, orang-orang akan menghindari dan mencela kita apablia badan kita bau karena tidak menggunakan deodoran tertentu. Produk lain yang sering menggunakan daya tarik rasa takut yaitu asuransi. Pihak asuransi menggambarkan kondisi yang tidak menyenangkan agar audiens menghindari kondisi tersebut dan mengantisipasnya dengan mengikuti program asuransi.

pengertian definisi arti menurut ahli daya tarik merek periklanan advertising media iklan marketing communication marcomm branding agency creative contoh studi kasus bahan materi skripsi karya ilmiah mahasiswa makalah jenis macam poster

Biro Iklan: BBDO, Mexico

Melalui ilustrasi yang menggambarkan orang-orangan sedang digips, Mopar Autoparts ingin menyampaikan maksud bahwa menggunakan suku cadang yang asli adalah pilihan terbaik untuk menghindari kecelakaan atau peristiwa lain yang tidak diinginkan.

Hal-hal yang yang mendasari penggunaan daya tarik rasa takut yaitu: konsekuensi negatif jika tidak menggunakan produk yang diiklankan dan konsekuensi negatif dari perilaku yang tidak baik. Menurut para peneliti, daya tarik rasa takut yang terbaik adalah yang sedang-sedang saja. Bila suatu daya tarik terlalu lemah, ia tidak cukup untuk menarik perhatian. sebaliknya, apabila terlalu kuat, hal itu dapat membuat orang-orang untuk menghindari atau mengabaikan pesan.

Daya Tarik Rasa Bersalah


Para pengiklan menggunakan daya tarik rasa bersalah untuk memotivasi orang-orang yang melanggar etika, kepercayaan atau peraturan. Pada akhirnya, audiens digiring pada pola pikir bahwa rasa bersalah dapat dikurangi apabila mereka membeli dan memakai produk yang diiklankan.

pengertian definisi arti menurut ahli daya tarik merek periklanan advertising media iklan marketing communication marcomm branding agency creative contoh studi kasus bahan materi skripsi karya ilmiah mahasiswa makalah jenis macam poster
Biro Iklan: McCann Erickson, Rumania

Pada iklan di atas, terdapat dua foto dengan profil wanita yang sama namun dengan profil laki-laki yang berbeda. Headline "Life Goes On, Drive Carefully" diletakkan di bawah ilustrasi untuk lebih memperjelas maksud iklan. Berkendara secara tidak hati-hati dapat menyebabkan kehilangan nyawa, namun hidup tetap berjalan dan pasangan kita dapat menikah dengan orang lain, satu hal yang tentunya tidak kita inginkan.

Daya tarik rasa bersalah memfokuskan pada kesalahan yang pernah atau akan dilakukan orang. Agar kesalahan tersebut tidak terulang atau tidak terjadi di masa depan, audiens dibujuk untuk memperhatikan pesan dan terjadi proses pembelian.

Daya Tarik Rasional


Ketika membeli sebuah produk, umumnya orang ingin mendapatkan dan merasakan manfaatnya secara langsung. Nah, inilah yang disebut dengan daya tarik rasional. Dengan kata lain, produk menawarkan berbagai macam atribut, manfaat dan kegunaan praktis yang dibutuhkan oleh konsumen. Dengan atribut dan manfaat produk tersebut, konsumen mempunyai alasan yang kuat untuk membeli produk berdasarkan pertimbangan yang logis.

Iklan Makarizo Hair Energy




Kita ambil contoh iklan Makarizo Hair Energy di atas. Produk perawatan rambut ini mampu mengatasi permasalahan pada rambut seperti rambut bercabang, kering, dan bau. Makarizo Hair Energy ini ditujukan untuk mereka yang ingin creambath agar rambutnya tampak cantik namun tak sempat pergi ke salon kecantikan. Dengan tiga varian, Aloevera untuk rambut normal, Royal Jelly untuk rambut yang rusak, dan Kiwi untuk rambut yang diwarnai, Makarizo Hair Energy bermanfaat untuk menjaga rambut tetap lembut, sehat, dan wangi.

Daya Tarik Emosional


Selain pertimbangan logis, konsumen seringkali membeli produk atas dasar kebutuhan emosional atau perasaan tertentu yang didapatkan setelah membeli produk. Pendekatan iklan melalui daya tarik emosional lebih menekankan aspek psikologis ataupun sosial yang akan dirasakan oleh konsumen. Pada pendekatan ini, pihak pengiklan harus dapat mengenali kebutuhan psikologis konsumen sehingga penyampaian pesan merek dapat tersampaikan dengan baik.

pengertian definisi arti menurut ahli daya tarik merek periklanan advertising media iklan marketing communication marcomm branding agency creative contoh studi kasus bahan materi skripsi karya ilmiah mahasiswa makalah jenis macam poster

Iklan parfum Antonio Banderas menggunakan daya tarik emosional untuk memancing konsumen. Pesan yang disampaikan yaitu, dengan menggunakan parfum Antonio Banderas, maka Anda akan tampil lebih seksi dan menggoda.

Beragam daya tarik merupakan taktik yang banyak dipakai oleh para advertiser agar iklan yang dihasilkan lebih mengena dan membekas di benak konsumen. Dengan iklan yang mudah diingat, maka khalayak berpotensi lebih besar untuk membeli produk terutama pada saat pembelian hendak dilakukan.
Loading...

3 komentar

Torascool mengatakan...

artikel yang sangat menarik gan untuk refrensi periklanan

bitebrands mengatakan...

tengkyu gan, smg bermanfaat :)

aisoice mengatakan...

Terima kasih infonya gan.
Lumayan buat nambah elmu.

Gema Parfum
Tentang Gema Parfum.

----------


Diberdayakan oleh Blogger.