Peran dan Fungsi Iklan Layanan Masyarakat

Peran dan Fungsi Iklan Layanan Masyarakat - Iklan tidak hanya bersifat komersial, iklan juga bersifat sosial. Dikenal dengan istilah Iklan Layanan Masyarakat (ILM) atau Public Service Announcement (PSA). ILM lebih menekankan kepentingan umum yang berupaya menanamkan kesadaran (awareness) kepada masyarakat tentang isu sosial yang dianggap penting.

Apa itu iklan layanan masyarakat? Menurut Nuradi, pengertian Iklan Layanan Masyarakat adalah jenis periklanan yang dilakukan oleh organisasi komersial maupun non komersial (pemerintah) untuk mencapai tujuan sosial atau sosio-ekonomis (terutama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat). Sedangkan menurut Crompton dan Lamb, Iklan Layanan Masyarakat adalah bentuk komunikasi visual yang disumbangkan oleh media untuk kepentingan masyarakat, yang berarti gratis.


Loading...



Menurut Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), ILM adalah pesan komunikasi pemasaran untuk kepentingan publik tentang gagasan atau wacana untuk mengubah, memperbaiki atau meningkatkan sikap atau perilaku mereka. Produksi maupun penyiaran media ini sebagian atau seluruhnya dikelola dan atau didanai oleh pelaku periklanan.

Ada beberapa ciri ILM di antaranya yaitu: ILM mengangkat tema atau isu sosial yang berkembang dalam masyarakat. Pada media massa cetak seperti surat kabar, ILM biasanya berukuran besar sehingga menarik perhatian pembaca. ILM berupa himbauan, ajakan, atau informasi yang bersifat umum ditujukan kepada masyarakat luas. Ketika sebuah organisasi membuat ILM maka mereka dianggap mempunyai kepedulian yang lebih terhadap tema yang diangkat sehingga akan meningkatkan citra organisasi tersebut.

Biro Iklan: Ogilvy Jakarta, Indonesia

Isu yang diangkat pada iklan di atas yaitu tentang kekerasan yang sering dialami oleh Pembantu Rumah Tangga (PRT). Dengan visualisasi iklan yang dramatis, ILM berupaya menggambarkan pedihnya kekerasan pada PRT dan mengajak masyarakat untuk ikut peduli dan menghentikan tindakan tidak manusiawi tersebut.

Elemen-Elemen Pemasaran Sosial


ILM merupakan salah bentuk pemasaran sosial yang bertujuan untuk mengubah perilaku masyarakat. Menurut Kotler dan Roberto elemen-elemen utama pemasaran sosial yaitu:

Cause – sasaran sosial yang dipercaya agen perubahan untuk dapat memberikan jawaban terhadap suatu permasalahan sosial.

Change agent – individu, organisasi atau kelompok yang mencoba mengadakan perubahan sosial dengan cara melakukan suatu kampanye.

Target adopter – individu, kelompok atau keseluruhan populasi yang dijadikan sasaran perubahan oleh pemasar sosial.

Channels – jalur komunikasi dan distribusi yang digunakan oleh pemasar sosial dalam memasarkan produk sosialnya.

Change strategy – petunjuk dan program yang dipakai oleh agen perubahan untuk mengubah sikap dan perilaku kelompok sasaran.


Loading...



Biro Iklan: Lowe, Jakarta, Indonesia

Kampanye ILM di atas mengajak anak-anak untuk menggunakan televisi secara bijak. Artinya, tidak menghabiskan waktu terlalu banyak di depan televisi sehingga mengorbankan kehidupan yang sesungguhnya. Banyak hal yang bisa dilakukan anak-anak selain menonton televisi, seperti olahraga atau bermain musik.

ILM dapat dimanfaatkan untuk membantu memperbaiki perilaku atau kebiasaan masyarakat yang tidak sesuai dengan hukum atau norma yang berlaku. Pesan sosial yang disampaikan melalui ILM diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan mengubah perilaku ke arah perilaku yang baik dan kondisi lingkungan sosial yang kondusif.

Isu-Isu Iklan Layanan Masyarakat


Beberapa isu yang diangkat ILM di antaranya yaitu yang berkaitan dengan lingkungan hidup seperti pelestarian tumbuhan dan hewan, menjaga kebersihan lingkungan. Isu lainnya yaitu tentang kesehatan misalnya pencegahan wabah demam berdarah, keluarga berencana, HIV, kampanye berhenti merokok. Masalah sosial juga menjadi tema yang sering diangkat contohnya upaya pemberantasan narkoba dan minuman keras, perdagangan manusia (human traficking). Pemerintah juga sering menggunakan ILM untuk menyebarkan informasi tentang kebijakan-kebijakannya.

Biro Iklan: Existcomm, Yogyakarta, Indonesia
Kebiasaan menggunakan telepon seluler atau handphone ketika berkendara merupakan tindakan yang membahayakn jiwa sendiri dan orang lain. ILM di atas berupaya menggugah kesadaran masyarakat untuk tidak menggunakan handphone ketika berkendara.

Agar ILM efektif, maka pesan yang diinformasikan melalui ILM harus memperhatikan aspek verbal dan visual yang mampu menarik perhatian, mudah dipahami, dan kemampuan untuk mempengaruhi persepsi, sikap, dan perilaku khalayak. Aspek verbal berupa ragam bahasa, gaya penulisan, tema, sedangkan aspek visual yaitu cara penggambaran melalui ilustrasi atau gambar yang dapat bersifat ikonik, indeksikal maupun simbolis. Selain itu, isu yang diangkat harus relevan dengan perkembangan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat.
Loading...

4 komentar

Direktori Blog Indonesia mengatakan...

Ngomong2 soal iklan layanan masyarakat, kayaknya pemerintah harus lebih intensif menayangkan iklan tentang pentingnya menjaga kebersihan agar warga Jakarta jangan pada buang sampah sembarangan ya gan? Oya, selamat berkarya dan terus up date ya blognya..

BiteBrands mengatakan...

trims gan uda mampir,. yoi gan biar ga pd kebanjiran lg :)

Unknown mengatakan...

mau tanya,, apa perbedaan dan karakter dari brand advertice dan public service

BiteBrands mengatakan...

Perbedaan mendasar:
- iklan komersial yg menawarkan produk/brand mendorong terjadinya penjualan
- ILM lebih berorientasi sosial
Namun, ada kalanya suatu brand jg membuat ILM
Semoga membantu :)

Diberdayakan oleh Blogger.